Rabu, 15 Januari 2014

Ditemukan Candi Baru di Bedingin, Sleman



Sebuah candi ditemukan di sebuah perumahan yang baru dibangun di Bedingin, Mlati, Sleman, DIY. Penemuan bermula ketika seorang kontraktor akan membuat septic tank untuk sebuah rumah, belum lama ini. Dia menemukan beberapa batu yang diduga reruntuhan candi. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Mlati.

Kontraktor menemukan batu candi kemudian dilaporkan ke penampungan melati dan langsung kami survei. Dari survei memang itu batu-batu candi dan kita aman di Mlati, ujar Anjar Nugroho, Staf Perlindungan BPCB Yogyakarta, Jumat (15/11) di lokasi penemuan candi. Setelah dilakukan analisis oleh tim BPCB dan Jurusan Arkeologi UGM, dipastikan bahwa temuan tersebut adalah candi. Setelah itu barulah ditindaklanjuti dengan melakukan penggalian pada 11-22 November.

Kami masih melakukan penggalian dan mencari data-data untuk menentukan struktur candi baru, dan sampai hari ini data yang didapat baru sebatas menemukan reruntuhan batu candi, jelas Anjar. Pantauan terlihat reruntuhan candi terdiri dari batuan andesit yang terdapat ukiran pada permukaannya dan batu bata merah yang mungkin menjadi bagian dari candi.
Sejauh ini sudah 19 batu yang diamankan oleh BPCB untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.
Kami masih terus melakukan penggalian, sampai menemukan tanah budaya atau tanah dasar candi, setelah itu baru bisa menentukan struktur candi, dan bisa melihat pada masa apa candi ini dibangun, lanjut Anjar.

0 komentar:

Posting Komentar